UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DENGAN MENGGUNAKANMETODE RESITASIPADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP MUHAMMADIYAH 1 BERBAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5949Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang bertanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu perlu adanya upaya tertentu untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan tanggung jawab belajar matematika dengan menggunakan Metode Resitasi pada siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Berbah Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC semester ganjil SMPMuhammadiyah 1 Berbah Yogyakartatahun ajaran 2013/2014. Sedangkan objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah penerapan metode resitasi pada siswa kelasVIIC semester ganjil SMPMuhammadiyah 1 Berbah Yogyakartatahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dantes ulangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi,
lembar wawancara, angket dan tes ulangan. Dalam penelitian ini validitas yang dipakai adalah validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian
tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran dilihat dari peningkatan tanggung jawab siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi pada siswa kelas VIIC SMPMuhammadiyah 1 Berbah Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 meningkatkan tanggung jawab belajar. Hal ini terbukti dari hasil observas itanggung jawab belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu persentase keberhasilan penelitian tanggung jawab belajar siswa pada siklus I sebesar 50,57% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 71,82% (Baik). Selain itu, persentase siswa yang tuntas tiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh 50,00%, dan
pada siklus II meningkat menjadi 72,73%.
Kata kunci: tanggung jawab, metode resitasi, Matematika.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License