PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SMP/MTs KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5948Abstract
Ketersediaan bahan ajar matematika di beberapa sekolah misalnya di MTs Muhammadiyah Karangkajen masih kurang. Khususnya bahan ajar yang menarik dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar. Lembar Aktivitas Siswa (LAS) untuk kurikulum KTSP merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk dapat belajar dengan mandiri baik dengan atau tanpa bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar. Penelitian pengembangan LAS ini mengikuti langkah-langkah Research and Development (R&D) yang meliputi : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen angket. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII SMP/MTs. Hasil penelitan dan pengembangan LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar terdiri dari tiga judul utama yaitu : (1) Operasi hitung pada bentuk aljabar; (2) Pemfaktoran bentuk aljabar; (3) Operasi pecahan dalam bentuk aljabar. Dari hasil penelitian oleh ahli materi diperoleh skor 124,5 dengan kriteria sangat baik, dari ahli media diperoleh skor 91,5 dengan kriteria sangat baik. Dan hasil respon siswa terhadap LAS adalah sangat baik dengan skor 75,7 pada uji coba I. sedangkan pada uji coba II meningkat menjadi 76,6 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata hasil respon siswa dalam penelitian ini adalah 76,15 dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan LAS, Operasi Aljabar, Layak digunakanPublished
2016-03-10
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License