EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT HONAI PAPUA
Keywords:
etnomatematika, Rumah Adat Honai, aktivitas dasar matematika, pembelajaran kontekstual, budaya lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur etnomatematika yang terdapat dalam Rumah Adat Honai Papua berdasarkan enam aktivitas dasar matematika menurut Bishop, yaitu counting, locating, measuring, designing, playing, dan explaining. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis eksploratif, dan dilaksanakan di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi nonpartisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi visual, yang dianalisis secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika yang ditemukan mencakup praktik menghitung bahan bangunan (counting), penentuan orientasi rumah (locating), pengukuran ruang dan bentuk (measuring), desain geometris atap dan lantai (designing), kegiatan sosial dalam rumah (playing), serta penjelasan simbolik bentuk rumah yang berkaitan dengan nilai sosial dan budaya lokal (explaining). Temuan ini memperkuat bahwa etnomatematika tidak hanya menjembatani antara konsep abstrak dan pengalaman nyata, tetapi juga menjadi sarana pelestarian budaya lokal dalam konteks pendidikan matematika.
References
Azizah, N., & Rachmadi, R. (2020). Eksplorasi Unsur Etnomatematika pada Tradisi Bertani Masyarakat Samin. Jurnal Etnomatematika Indonesia, 3(1), 1–9.
Bishop, A. J. (1998). Mathematics Education in Its Cultural Context. Dordrecht: Springer.
D’Ambrosio, U. (2001). Etnomatematika dan Tantangan dalam Mendidik di Abad 21. Bandung: UPI Press.
Fitriana, L., Widodo, S. A., & Nugroho, S. E. (2020). Pemanfaatan Bangunan Tradisional dalam Pembelajaran Geometri melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 133–144.
Hidayati, N., & Herman. (2021). Penggunaan Satuan Tidak Baku dalam Pengukuran oleh Masyarakat Lokal sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 101–112.
Kurniawati, D., & Sugiman. (2019). Etnomatematika pada Permainan Congklak sebagai Media Pengembangan Kemampuan Berpikir Strategis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 183–195.
Lestari, R., & Wulandari, S. (2021). Simbolisme Budaya dalam Narasi Etnomatematika: Pendekatan Literasi Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Realistik, 5(1), 55–68.
Mar, Y. R., Fanggidae, D. H., & Lino, L. (2021). Eksplorasi Nilai-Nilai Etnomatematika pada Rumah Adat Uim Re’u Manunis di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(1), 54–63.
Nasution, N., & Suryadi, D. (2020). Pengembangan Numerical Sense melalui Konteks Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–34.
Nisa, C., & Prabawanto, S. (2020). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 45–56.
Pertiwi, A. D., Wulandari, N., & Kadir, A. (2021). Pengetahuan Spasial Masyarakat Baduy dalam Perspektif Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–64.
Rahmawati, R., & Muchlian, Y. (2019). Etnomatematika pada Rumah Adat Limas Sumatera Selatan dalam Pembelajaran Geometri. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 157–170.
Sari, R. P., & Ristanto, R. H. (2020). Simetri dan Proporsi pada Rumah Adat Dayak: Analisis Etnomatematika untuk Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 78–86.
Sulistyani, E., Prasetyo, A., & Fatimah, S. (2019). Eksplorasi Nilai-Nilai Etnomatematika Rumah Adat Tongkonan di Toraja. Jurnal Etnomatematika Indonesia, 2(1), 1–10.
Supriadi, D., & Irawati, L. (2021). Pembelajaran Abad 21 Berbasis Nilai dan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 1–14.
Suryaningrum, R., & Yunianta, T. (2021). Konteks Budaya dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(1), 22–33.
Wahyuni, R., Handayani, L., & Ambarwati, S. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 122–132.
Yudanti, A., Hidayat, R., & Suhendra, S. (2022). Etnomatematika pada Rumoh Aceh sebagai Sumber Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 35–47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Satrama Royal Hadinata, Ulfah Sa'adah, Asep Rosadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License