ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN YANG DILAKUKAN OLEH SISWA SMP BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN
Keywords:
Analisis Kesalahan, Geometri, Kastolan, LingkaranAbstract
Kemampuan siswa SMP dalam memahami konsep geometri masih tergolong rendah. Hal ini harus segera diatasi dikarenakan geometri memiliki kedudukan penting untuk diajarkan di sekolah mengingat bahwa konsep geometri sering dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran yang merupakan salah satu materi dalam konsep geometri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan 30 siswa kelas 8 di salah satu SMP kota Bandung. Triangulasi dalam pengumpulan data meliputi (1) pemberian instrumen tes kemampuan pemahaman matematis siswa terkait materi lingkaran, dan (2) instrumen non tes yang meliputi pedoman observasi dan wawancara siswa, serta studi dokumen. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan pada penelitian ini, diperoleh informasi bahwa dalam menyelesaikan soal lingkaran, kesalahan siswa teridentifikasi dalam 2 bentuk kesalahan dari 3 kesalahan yang dapat dikategorikan melalui tahapan Kastolan yaitu kesalahan konseptual yang meliputi kesalahan dalam menentukan definisi juring, kesalahan dalam menentukan rumus panjang busur lingkaran, dan lain-lain; serta kesalahan prosedural yang meliputi kesalahan yang diakibatkan karena tidak teraturnya langkah-langkah pengerjaan soal, dan kesalahan yang diakibatkan karena ketidaktelitian siswa memahami soal dan dalam melakukan perhitungan.
References
Galitskaya, V., & Drigas, A. (2020). Special Education: Teaching Geometry with ICTs. Int. J. Emerg. Technol. Learn., 15, 173-182. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11242.
Hasan, N., Subanji, S., & Sukorianto, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 468-477.
Hoth, J., Larrain, M., & Kaiser, G. (2022). Identifying and dealing with student errors in the mathematics classroom: Cognitive and motivational requirements. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1057730.
Jablonski, S., & Ludwig, M. (2023). Teaching and Learning of Geometry—A Literature Review on Current Developments in Theory and Practice. Education Sciences, 13(7), 682. https://doi.org/10.3390/educsci13070682
Kastolan. (1992). Identifikasi jenis-jenis kesalahan menyelesaikan soal-soal matematika yang dilakukan siswa kelas 2 Program A1 SMA Negeri Sekotamadya. In IKIP Malang.
Laja, Y. P. W. (2020). Sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Aturan Pindah Ruas Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Matematika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 10-20.
Maula, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Van Hiele. Inspiramatika, 4(1), 39-46.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari kemampuan koneksi matematika peserta didik. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 311-320.
Ningsih, N., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187-200.
Ulfa, N., Jupri, A., Darhim, & Kartika. (2020). Analysis of Learning Obstacles of Junior High School Students on The Topic of Circle. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3, 599–603. https://doi.org/10.14421/icse.v3.572
Pan, S., Sana, F., Samani, J., Cooke, J., & Kim, J. (2020). Learning from errors: students’ and instructors’ practices, attitudes, and beliefs. Memory, 28, 1105 - 1122. https://doi.org/10.1080/09658211.2020.1815790.
Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-54.
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873-880.
Siregar, H. M. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 497-507.
Susilo, B. E., & Sutarto, H. (2023). GEOMETRI: MANFAAT, PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJARNYA. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (6).
Yadrika, Amelia, Roza, & Maimunah. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM, 12(2), 195-212.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadia Ulfa, Darhim, Kartika Yulianti, Ulfah Nur Azizah, Fitri Rahmawati, Yusuf Adhitya, Nurmala Setianing Putri, Bill Chairy Rizki Bustaren

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License