ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN YANG DILAKUKAN OLEH SISWA SMP BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN

Authors

  • Nadia Ulfa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Darhim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kartika Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ulfah Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitri Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Adhitya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurmala Setianing Putri Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8123-712X
  • Bill Chairy Rizki Bustaren Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Analisis Kesalahan, Geometri, Kastolan, Lingkaran

Abstract

Kemampuan siswa SMP dalam memahami konsep geometri masih tergolong rendah. Hal ini harus segera diatasi dikarenakan geometri memiliki kedudukan penting untuk diajarkan di sekolah mengingat bahwa konsep geometri sering dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran yang merupakan salah satu materi dalam konsep geometri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan 30 siswa kelas 8 di salah satu SMP kota Bandung. Triangulasi dalam pengumpulan data meliputi (1) pemberian instrumen tes kemampuan pemahaman matematis siswa terkait materi lingkaran, dan (2) instrumen non tes yang meliputi pedoman observasi dan wawancara siswa, serta studi dokumen. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan pada penelitian ini, diperoleh informasi bahwa dalam menyelesaikan soal lingkaran, kesalahan siswa teridentifikasi dalam 2 bentuk kesalahan dari 3 kesalahan yang dapat dikategorikan melalui tahapan Kastolan yaitu kesalahan konseptual yang meliputi kesalahan dalam menentukan definisi juring, kesalahan dalam menentukan rumus panjang busur lingkaran, dan lain-lain; serta kesalahan prosedural yang meliputi kesalahan yang diakibatkan karena tidak teraturnya langkah-langkah pengerjaan soal, dan kesalahan yang diakibatkan karena ketidaktelitian siswa memahami soal dan dalam melakukan perhitungan.

References

Galitskaya, V., & Drigas, A. (2020). Special Education: Teaching Geometry with ICTs. Int. J. Emerg. Technol. Learn., 15, 173-182. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11242.

Hasan, N., Subanji, S., & Sukorianto, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 468-477.

Hoth, J., Larrain, M., & Kaiser, G. (2022). Identifying and dealing with student errors in the mathematics classroom: Cognitive and motivational requirements. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1057730.

Jablonski, S., & Ludwig, M. (2023). Teaching and Learning of Geometry—A Literature Review on Current Developments in Theory and Practice. Education Sciences, 13(7), 682. https://doi.org/10.3390/educsci13070682

Kastolan. (1992). Identifikasi jenis-jenis kesalahan menyelesaikan soal-soal matematika yang dilakukan siswa kelas 2 Program A1 SMA Negeri Sekotamadya. In IKIP Malang.

Laja, Y. P. W. (2020). Sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Aturan Pindah Ruas Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Matematika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 10-20.

Maula, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Van Hiele. Inspiramatika, 4(1), 39-46.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari kemampuan koneksi matematika peserta didik. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 311-320.

Ningsih, N., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187-200.

Ulfa, N., Jupri, A., Darhim, & Kartika. (2020). Analysis of Learning Obstacles of Junior High School Students on The Topic of Circle. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3, 599–603. https://doi.org/10.14421/icse.v3.572

Pan, S., Sana, F., Samani, J., Cooke, J., & Kim, J. (2020). Learning from errors: students’ and instructors’ practices, attitudes, and beliefs. Memory, 28, 1105 - 1122. https://doi.org/10.1080/09658211.2020.1815790.

Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-54.

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873-880.

Siregar, H. M. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 497-507.

Susilo, B. E., & Sutarto, H. (2023). GEOMETRI: MANFAAT, PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJARNYA. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (6).

Yadrika, Amelia, Roza, & Maimunah. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM, 12(2), 195-212.

Downloads

Published

2025-02-14

Issue

Section

Articles