PENGEMBANGAN DAN EVALUASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN UNITY 3D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Keywords:
Android Mobile Game, Media Pembelajaran, Unity 3D, Persamaan Linear Satu VariabelAbstract
Kebanyakan siswa yang didukung dengan teknologi seperti handphone, biasanya cenderung memanfaatkan teknologi tersebut untuk aspek hiburan. Hal ini cukup memalukan, karena kemudahan dalam menggunakan teknologi tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Terlebih lagi, ternyata banyak pula siswa di tingkat SMA yang mengalami hambatan dalam memahami konsep matematika. Melalui ketersediaan teknologi, seperti handphone dan Unity 3D, diharapkan dapat tercipta sebuah game edukasi yang menyenangkan bagi siswa dan juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika yang dianggap memiliki kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game Android menggunakan Unity 3D pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini diadaptasi dari model desain instruksional ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis mobile game android pada materi PLSV dinilai baik dan efektif untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika, sehingga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam materi PLSV.
References
Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21 (1), 1–9.
Arum, R.P., Sholehah, A.M., & Fatmawati, F. (2021). Pemanfaatan Game Online Sebagai Permainan Edukatif Modern untuk Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Buah Hati, 8 (1), 33–48.
Bahauddin, A. & Setyaningrum, W. (2019). Teacher’s and Prospective-Teacher’s Perceptions of Mobile Math Game “Proadventure” Implementation in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1320 (1).
Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3 (1), 35–42.
Clark, R. C., & Meyer, R. E. (2016). E-learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.
Graceota, A., Budiyono, & Slamet, I. (2021). Mathematics Game as Interactive Learning Media in Covid-19 Pandemic Era. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808 (1).
Jonassen, D.H., Howland, J., Marra, R.M., & Crismond, D. (2008). Meaningful Learning with Technology, 3rd ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.
Judijanto, dkk. (2024). METODOLOGI RESEARCH AND DEVELOPMENT (Teori dan Penerapan Metodologi RnD). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Novayani, W., Rachmawati, H., & Hasbi, I. (2023). Design Game Mobile Edukasi Bina Diri untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jurnal Komputer Terapan, 9 (1), 1–10.
Nurhikmah, Rustiani, S., & Nurdin. (2024). Literature Review:Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education Research, 5 (4), 4382-4390.
Okpatrioka, O. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1 (1), 86–100.
Pranata, B.A., Arief, U.M., & Suryanto, A. (2017). Media Pembelajaran Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan Unity 3D. Edu Komputika, 4 (2), 67-74.
Rachma, Y.P., Setyadi, D., & Mampauw, H. L. (2020). Pengembangan Mobile Learning Barusikung Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3).
Ramadhanti, N.F., Lamada, M., & Riska, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3D “Finding Geometry” Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika. Jurnal MediaTIK, 4 (2), 21–26.
Rohimah, S.M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10 (1), 132-141.
Savitri, D. & Izzati, N. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6 (1), 94-100.
Setyaningrum, W., & Waryanto, N.H. (2017). Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik? Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 40–56.
Suci, N.W., Hobri, H., & Murtikusuma, R.P. (2019). Pengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Materi Perbandingan. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1 (2), 65-73.
Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16 (1), 107-112.
Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3 (1), 8-13.
Wiryaningtyas, R.K., Adamura, F., & Astuti, I.P. (2023). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 1 Geger. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (3), 3192-3204.
Yosiana, Y., Djuandi, D., & Hasanah, A. (2021). Mobile Learning and Its Effectiveness in Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1806 (1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bill Chairy Rizki Bustaren, Wahyudin Wahyudin, Aan Hasanah, Nurmala Setianing Putri Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License