PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS VIII

Authors

  • Rusmining Rusmining (Scopus ID : 5720862204) Universitas Ahmad Dahlan
  • Risza Presty Rumani

Keywords:

E-LKPD, Wordwall, Bilangan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) pada pembelajaran yang digunakan sebagai bentuk evaluasi terhadap peserta didik. Selain itu peserta didik pada saat diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa kertas cetak peserta didik cenderung terlihat asyik sendiri atau mengobrol dengan teman disampingnya dari pada mengerjakan LKPD yang diberikan oleh pendidik dikarenakan peserta didik kurang tertarik dengan LKPD yang diberikan karena terkesan formal dan monoton sehingga proses pembelajaran kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD yang valid dan praktis.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validasi serta angket peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sapuran, Wonosobo.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah E-LKPD berbasis wordwall yang memuat materi bilangan berpangkat. (2) Berdasarkan uji coba kevalidan, E-LKPD dari segi materi memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 113 dengan presentase 78% dan memenuhi kriteria valid. Sedangkan E-LKPD dari segi media memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan 156 dengan presentase 85% dengan memperoleh kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, pada uji coba kelas kecil E-LKPD memperoleh persentase sebesar 86% dan memenuhi kriteria sangat praktis, sedangkan pada uji coba kelas besar E-LKPD pembelajaran memperoleh persentase sebesar 84% dan memenuhi kriteria praktis. Bedasarkan hasil rata-rata kedua sampel diperoleh rata-rata skor presentase keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria praktis.

References

Fatimah, U. N. (2021). Pengembangan E-LKPD ( Elektronik – Lembar Kerja Peserta Didik ) Interaktif Menggunakan Google Slide With Pear Deck Dengan Raden Intan Lampung. Layanan Perpustakaan UINRIL Referensi, 1–58. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17097

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). 38.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles