PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GENIALLY BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII
Keywords:
Media pembelajaran, Genially, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran matematika yang digunakan pada proses pembelajaran SMP N 1 Bejen, Temanggung. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi SPLDV menggunakan platform Genially. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperoleh media pembelajaran yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bejen, Temanggung. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran matematika menggunakan Genially yang memuat materi SPLDV. (2) Berdasarkan uji kevalidan, media pembelajaran dari segi materi memperoleh persentase 84,21% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk segi media memperoleh persentase 86,88% dengan kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, untuk uji coba kelas kecil memperoleh persentase 87,08% dengan kriteria sangat praktis sedangkan uji coba kelas besar memperoleh persentase 87,07% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid dan praktis digunakan pada proses pembelajaran.
References
Ariantika, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Dwiranata, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Kesumawati, N. (2018). Konsep Matematis; Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228–235.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rusmining Rusmining, Nuriza Adheatma Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License