PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GENIALLY BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII

Authors

  • Rusmining Rusmining (Scopus ID : 5720862204) Universitas Ahmad Dahlan
  • Nuriza Adheatma Saputri

Keywords:

Media pembelajaran, Genially, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran matematika yang digunakan pada proses pembelajaran SMP N 1 Bejen, Temanggung. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi SPLDV menggunakan platform Genially. Tujuan dari penelitian ini  yaitu memperoleh media pembelajaran yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bejen, Temanggung. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran matematika menggunakan Genially yang memuat materi SPLDV. (2) Berdasarkan uji kevalidan, media pembelajaran dari segi materi memperoleh persentase 84,21% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk segi media memperoleh persentase 86,88% dengan kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, untuk uji coba kelas kecil memperoleh persentase 87,08% dengan kriteria sangat praktis sedangkan uji coba kelas besar memperoleh persentase 87,07% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid dan praktis digunakan pada proses pembelajaran.

References

Ariantika, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448

Dwiranata, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Kesumawati, N. (2018). Konsep Matematis; Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228–235.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Downloads

Published

2025-06-16

Issue

Section

Articles