ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SISTEM PERAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i2.28705Keywords:
kesalahan siswa, prosedur newman, self-efficacyAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan saat mengerjakan soal cerita. Analisis kesalahan siswa saat menyelesaikan soal cerita merupakan cara untuk mengetahui seberapa sulit siswa dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 4 Banguntapan ditinjau dari self-efficacy. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VIII D. Metode pengumpulan data terdiri dari alat utama, alat pendukung, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh ahli dan memenuhi kriteria valid. Selanjutnya, 26 siswa diuji dengan soal tes dan angket self-efficacy. Data dikumpulkan melalui metode analisis reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat keberhasilan yang tinggi secara umum melakukan kesalahan transformasi, sedangkan siswa dengan tingkat keberhasilan rendah melakukan kesalahan memahami, transformasi, ketrampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.
References
Apriliani. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Habit Of Mind dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Tallo.
Ayu, I. P., Mahayukti, G. A., & Made, N. S. M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/ika.v
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., Purwasih, R., Keguruan, I., Pendidikan, I., & Bandung, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1).
Dwi Sarah, Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA N 2 Ditinjau dari Self Efficacy. UNIVERSITAS ISLAM RIAU.
Dwi Sarah, Y., Ariawan, R., Nufus, H., & Rezeki, S. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838
Firdausi. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Matriks Ditinjau dari Self-Confidence.
Hanipa, A., Triyana, V., & Sari, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTS di KAbupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 01, No. 02, 15–22.
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Efficcay Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856
Indraswara, W. T., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau dari Self Efficacy. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1685–1708. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.324
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self- Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. UJMER, 6(2), 251–258. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Mawardi, K., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Polya. Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Mukhith, A., & Fitri, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3.
Najiha Nadia, L., Budi Waluyo, S., & Isnarto. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. In UJMER (Vol. 6, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Nisak, T. K. (2019). Analisis Efikasi Diei (Self Efficacy) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Nuris JemberN.
Pratiwi Vitaloka, W., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. 9(2).
Rahmawati, S. F. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).
Ramadhani, R. (2020). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7.
Ribatul Hilda, N., & Karimah, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan fungsi Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Self Efficacy. In Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan (Vol. 4).
Sulistyawati, M. R., Ayuningtyas, N., & Widadah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Persegi Ditinjau dari Self Efficacy Siswa.
Yamin, M., Wahyu Triutami, T., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel terhadap Efikasi Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2150
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License