PEMETAAN GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII REGULER MADRASAH MU'ALLIMIN TAHUN AJARAN 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28616Keywords:
pemetaan, gaya berpikir, gregorcAbstract
Perkembangan zaman memberikan perubahan dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh manusia untuk menuju peradaban yang lebih baik. Sebagaimana tujuan pendidikan di Indonesia yang ingin membentuk watak peradaban bangsa. Pembelajaran menjadi salah satu faktor penentu dalam tercapainya tujuan pendidikan. Proses interaksi antara pendidik, siswa, dan lingkungan belajar dapat menjadi faktor berkembangnya kemampuan siswa. Kemampuan yang ingin dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Salah satu bentuk kemampuan koginitif adalah kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir adalah kemampuan dalam mendalami sesuatu dan menyelesaikan permasalahan. Telah banyak dilakukan penelitian tentang kemampuan berpikir, salah satunya adalah Gaya Berpikir Gregorc. Gaya berpikir adalah kemampuan seseorang dalam menerima, menyerap, dan memproses informasi. Gregorc menglasifikasikan gaya berpikir menjadi empat jenis, yaitu Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK), Sekuensional Abstrak (SA), Acak Abstrak (AA), dan Acak Konkret (AK). Penelitian ini dilakukan pada Kelas VIII Reguler Madrasah Mu’allimin dengan jumlah 240 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan angket gaya berpikir milik John Parks Le Tiller yang terdapat 15 kelompok kata untuk dipilih satu kata di setiap kelompoknya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, gaya berpikir siswa Kelas VIII Reguler Madrasah Mua’llimin didominasi oleh Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA) dengan persentase 32, 92 %. Sedangkan setiap kelas memiliki gaya berpikir berbeda-beda, meskipun didominasi Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA). Kelas A didominasi Gaya Berpikir Sekuensional Konkret (SK), Kelas C didominasi Gaya Berpikir Acak Konkret (AK), dan Kelas G didominasi Gaya Berpikir Sekuenional Abstrak (SA). Sedangkan Kelas B, Kelas D, Kelas E, Kelas F, dan Kelas H didominasi Gaya Berpikir Acak Abstrak (AA).Downloads
Published
2024-04-03
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License