KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28605Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis, Prokrastinasi AkademikAbstract
Tujuan dari penulisan artikel ini ialah guna mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari prokrastinasi akademik siswa MTs Negeri 1 Pekanbaru. Peneliti menggunakan penelitian berjenis kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Terdapat 31 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian ini. Penelitian ini menjadikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari prokrastinasi akademik siswa kategori tinggi, sedang dan rendah sebagai objek. Pengumpulan datanya memakai teknik berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket prokrastinasi akademik. Hasil dari analisis deskriptif memperlihatkan bahwa siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah dan sedang. Siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang bervariasi. Siswa dengan kondisi prokrastinasi akademik rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan tinggi.
References
Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Pada Remaja. In Jurnal Psikologi, 11, 20–30).
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1).
Hikmah, N., S, S. U., & Suendarti, M. (2020). Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 10-16.
Ikhsan, S., & Ibrahim. (2021). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi dan Prokrastinasi Akademik. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 55–69.
Karunia Eka, L., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maisyaroh Agsya, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44.
Maulanti, S. (2021). Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 60–69.
Putri, H. E. (2017). Pendekatan CPA (Concrete-Pictorial-Abstract) Kemampuan-kemampuan Matematis & Rancangan Pembelajarannya. Royyan Press.
Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154.
Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55.
Sari, D. M., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2021). Kelancaran Prosedural Matematis Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Prokrastinasi Siswa Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–9.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License