Etnomatematika Permainan Tradisional Gedrik pada Pembelajaran Matematika di Desa Jabon
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28154Keywords:
etnomatematika, matematika, budaya, permainan tradisional gedrik.Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah sering dianggap sulit oleh siswa karena cenderung formal dan teoritis. Untuk meningkatkan kenyamanan dan kesenangan siswa, perlu dirancang agar terdapat keterkaitan antara matematika di sekolah dan di luar sekolah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan etnomatematika, khususnya melalui penerapan permainan tradisional seperti gedrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas matematika yang terdapat pada permainan tradisional gedrik dan unsur-unsur matematika yang muncul dalam permainan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif, melibatkan anak-anak yang memahami permainan tradisional gedrik di Desa Jabon sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan dan menyelaraskan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas matematika seperti membilang, menentukan lokasi, mengukur, merancang, bermain, dan menjelaskan dalam permainan gedrik. Unsur-unsur matematika yang terdapat meliputi bangun dimensi tiga, bangun datar, luas bangun datar, kekongruenan, refleksi, hubungan antar garis, himpunan, permutasi, dan probabilitas. Integrasi permainan tradisional gedrik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dengan cara yang menyenangkan melalui permainan, dimana konsep-konsep matematika dapat ditemui pada alat, bidang, dan aturan dalam permainan tradisional gedrik
References
A. J. Bishop, (1997). Educating The Mathematical Enculturators. Papua New Guinea Journal of Theacher Education, 4(2), 17-18.
Aulia R. et. all., (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 51.
Dina N., et. all., (2016). Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik Untuk Siswa Kelas VII, Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.
Evania Y. and Wayan S., (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Malang: Universitas Negeri Malang, 71.
Herawaty D., et. all., (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession, 21.
Husnah N., (2021). Eksplorasi Konsep Matematika dalam Permainan Tradisional Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 82.
Jogen B., et. all., (2015). Impact of Globalisation to Tradisional Games and Recreation of the Bodos. IOSR Journal Of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS), 20(3), 89.
Katsap A., (2015). Ethnomathematics of Negev Bedouins Existence in Forms, Symbols and Geometric Patterns. Rotterdam: Sense Publishers, 283.
Laurens T., et. all., (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569.
Pathuddin, et. all., (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations As Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12.2, 295-296.
Rachmawati I.,(2021). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1.
Rahmawari, et. all., (2011). Teori Belajar Penemuan Bruner dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, 3(1), 2.
Schaum’s, (2005). Geometri, terj. Izam Harmein, (ed.). Jakarta: Erlangga, 4-77.
Susanah. Hartono, (2007). Geometri. Surabaya: Unesa University Press, 204-205.
Umy Zahroh, (2020). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Sosial Keagamaan, 20(1), 4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License