PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.27991Keywords:
Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Pendidikan Matematika RealistikAbstract
Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Diperlukannya sebuah pendidikan ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan potensi diri setiap manusia. Terdapat banyak cabang ilmu pengetahuan, salah satunya adalah matematika. Matematika adalah program studi wajib untuk semua mahasiswa dan siswa sekolah. Matematika adalah argumen logis, cara berpikir, dan bahasa yang terdiri dari frasa yang didefinisikan secara tepat, diungkapkan secara simbolis, dan padat. Ini lebih merupakan bahasa simbolis tentang konsep matematis. Namun, banyak menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menyeramkan. Sehingga peserta didik selalu merasa kesal ataupun malas saat mata pelajaran matematika. Peserta didik merasa bahwa materi-materi yang ada didalam matematika merupakan musuh bagi kehidupan terutama pada materi operasi hitung bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pemahaman siswa SMP terhadap pengertian operasi penghitungan bilangan bulat yang diukur dengan metode PMRI. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan dilakukan dengan tiga belas siswa SMP. Penelitian ini mengumpulkan datanya melalui penggunaan wawancara dan hasil tes. Analisis data dalam penelitian ini menganut Miles dkk. analisis, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik sudah cukup baik yang didasarkan pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang telah di ukur dari 2 kelompok yang sudah mampu mengimplementasikan semua indikator pemahaman konsep yang digunakan oleh peneliti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License