Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.27390Keywords:
Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Pemahaman Konsep Matematika, Satuan BeratAbstract
Rendahnya pemahaman konsep matematika disebabkan oleh siswa yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sesuai dengan konsepnya. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat pengaruh diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan di kelas dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Waru 05 Kec. Parung Kab. Bogor pada tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif bentuk Posttest-Only Control Group Design. Subjek pada penelitian ini sebanyak 54 siswa diantaranya 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Cluster random sampling merupakan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 12 butir soal. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji-t Independent samples test dengan memperoleh taraf signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan HI diterima. Selain itu, dibuktikan juga dengan hasil perhitungan yang diperoleh dari thitung sebanyak 3,080 lebih besar dari ttabel 1,703 artinya terdapat pengaruh diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan di kelas II dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SD Negeri Waru 05 Kecamatan Parung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License