ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI

Authors

  • Hera Wati Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.27130

Keywords:

Kemampuan Siswa, Literasi, Numerasi

Abstract

Di abad ke 21, siswa dituntut untuk menguasai ketiga kecakapan yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi. Agar kecakapan tersebut dapat tercapai, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar. Salah satu literasi yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir dan bernalar adalah literasi numerasi. Penelitian ini dilakukan dengan judul: “Kemampuan Siswa SD Kelas V dalam menyelesaikan soal literasi numerasi”. Penelitian ini dilakukan di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dan dilaksanakan mulai dari bulan Maret 2023 sampai Mei 2023 di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan  siswa berada pada kategori kurang sekali dan  berada pada kategori kurang, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi masih rendah.

References

Ate, D. (2021). Enhancing Primary School Students' Competencies in Step-by-Step Controllable Argumentation. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73-82.

doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.3532

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. (U. N. Semarang, Hrsg.) Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(11), 27-35. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Koparan, T. (2015). Difficulties in Learning and Teaching Statistics: Teacher Views. (E. T. Francis, Hrsg.) International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1(46), 94-104. doi:http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.941425

OECD. (2016). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing. OECD. (2018). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

PG Dikdas. (2020). Literasi dan Numerasi adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. Von http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-dan-numerasi-adalah-kompetensi-yang bersifat-mendasar. abgerufen

Polya, G. (1957). A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.

Sidik, S. G., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SD pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.

Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koenksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

UNESCO Institute for Statistics. (2008). International literacy statistics: A review of concepts, methodology, and current data. Montreal, Canada: UNESCO Institute for Statistics.

Downloads

Published

2023-09-17

Issue

Section

Articles