ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.27130Keywords:
Kemampuan Siswa, Literasi, NumerasiAbstract
Di abad ke 21, siswa dituntut untuk menguasai ketiga kecakapan yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi. Agar kecakapan tersebut dapat tercapai, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar. Salah satu literasi yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir dan bernalar adalah literasi numerasi. Penelitian ini dilakukan dengan judul: “Kemampuan Siswa SD Kelas V dalam menyelesaikan soal literasi numerasi”. Penelitian ini dilakukan di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dan dilaksanakan mulai dari bulan Maret 2023 sampai Mei 2023 di SD Al Irsyad, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa berada pada kategori kurang sekali dan berada pada kategori kurang, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi masih rendah.
References
Ate, D. (2021). Enhancing Primary School Students' Competencies in Step-by-Step Controllable Argumentation. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73-82.
doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.3532
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. (U. N. Semarang, Hrsg.) Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(11), 27-35. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Koparan, T. (2015). Difficulties in Learning and Teaching Statistics: Teacher Views. (E. T. Francis, Hrsg.) International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1(46), 94-104. doi:http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.941425
OECD. (2016). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing. OECD. (2018). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.
PG Dikdas. (2020). Literasi dan Numerasi adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. Von http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-dan-numerasi-adalah-kompetensi-yang bersifat-mendasar. abgerufen
Polya, G. (1957). A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.
Sidik, S. G., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SD pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.
Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koenksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
UNESCO Institute for Statistics. (2008). International literacy statistics: A review of concepts, methodology, and current data. Montreal, Canada: UNESCO Institute for Statistics.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License