PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.27114Keywords:
Problem-based Learning, Animasi Powtoon, Hasil BelajarAbstract
Terdapat berbagai macam penyebab yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar, salah satunya yaitu aktivitas belajar mengajar yang minimal melibatkan siswa secara aktif dan hanya berpusat pada guru. Model pembelajaran inovatif diperlukan agar meningkatkan kan hasil belajar siswa. Selain model pembelajaran, media pembelajaran juga menjadi salah satu upaya terkait penentu tinggi rendahnya kualitas pembelajaran, antusiasme belajar siswa serta pemahaman siswa. Salah satu model beserta media pembelajaran yang dapat diterapkan yakni model P roblem- based L earnings (PBL) beserta media animasi powtoon . Dengan model PBL siswa dapat ikut proaktif untuk mengikuti kegiatan belajar serta media animasi powtoon bisa difungsikan untuk jembatan penghubung agar tersampaikannya materi terbuka dengan baik dan menarik. Sehingga dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan agar dapat diketahuinya pengaruh model PBL berbantuan media animasi powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII dan untuk nengetahui besar pengaruhnya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitiannya yakni quasi eksperimen menggunakan rancangan post-test only control group design . Teknik sampling yang dipakai yakni purposive sampling . Sampel yang diambil terdapat 32 siswa sebagai kelas eksperimen serta 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang diterapkan yakni tes serta dokumentasi. Metode analisa data memakai uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model PBL berbantuan media animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dengan besar pengaruh yang bisa diamati melalui hasil hitung effect size pada uji – t dan didapati effect size sejumlah 0,136. Berdasarkan kriteria pengaruh perlakuan, besar pengaruh model PBL berbantuan media animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas VIII tergolong sedang. Berdasarkan kriteria besar pengaruhnya tergolong sedang.
References
‘Aini, A. Z., & Yekti, S. M. P. (2018). Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Analisis Vektor Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Jurnal Dharma Pendidikan, 13(2), 1-12.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. Journal For Physics Education And Applied Physics, 3(1), 27-35.
Ayuningsih, N. P. M., & dan Ciptahadi, K. G. O., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 134-142.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksara, 5(1), 39-46.
Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55-60.
Nurfarida, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari. (Skripsi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Patmaningrum, A. (2017). Upaya Memanfaatkan Alat Peraga Agar Pembelajaran Matematika Menyenangkan. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk. 12(1), 47-51.
Sari, M., & Rohayati, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Sebagai Bahan Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar-Dasar Perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1), 1-7.
Sari, R. T., Patmaningrum, A., & Suharto. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 16(2), 59-68.
Simarmata, Janner. (2020). Elemen-Elemen Multimedia Teks-Gambar-Suara-Video-Animasi Untuk Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cedekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.
Syarifudin, et al. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Umma, D. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Polinomial Kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut. (Skripsi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utrifani, A., & Turnip, B. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi, 2(2), 9-16.
Wedi, A. (2016). Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teori-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 21-28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License