IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.27088Keywords:
Problem based learning, google sites, pembelajaran langsung, berpikir kritisAbstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlunya menerapkan pembelajaran yang dapat melatih serta mengasah kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang menggunakan model problem-based learning berbasis website google sites dengan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Quranic Science Boarding School yang terdiri dari lima kelas, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas VIII Zainab sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VIII Mariam sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data menggunakan uji t yaitu two Independent Sample T-test equal variance assumed. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang menggunakan model problem-based learning berbasis website google sites dengan model pembelajaran langsung.
References
Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 243–250. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168.
Facione, F.A. (2015). Critical Thingking : What It Is And Why It Counts. Measured reasons LCC.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP KELAS VIII SMPN 1 ASTAMBUL. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73.
Marliana, P., Sunaryo, Y., & Lala Nailah Zamnah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(Februari), 183–190.
Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167–182. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12860.
Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27–34. doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349.
OECD. 2019. PISA 2018. Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing.
Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Mathematics Paedagogic, 1(1), 83–90. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta Simorangkir, F. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082.
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706.
Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458.
Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020a). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and self-regulated learning of preservice teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072. doi:10.1088/1742-6596/1521/3/032072.
Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020b). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012050. doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012050.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License