Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik dalam menyelesaikan Soal PISA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i3.26959Keywords:
Komunikasi Matematis, Literasi Matematika, PISA.Abstract
Kemampuan literasi matematika memiliki peran penting dalam penggunaan matematika untuk menyelesaikan masalah nyata. Dimana berdasarkan hasil survey PISA, kemampuan literasi matematika peserta didik Indonesia hingga saat ini selalu berada pada peringkat 10 terbawah. Penenlitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan literasi matematika peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya terdiri dari 3 peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 1 Sumbergempol, Tulungagung. Data dikumpulkan melalui tes soal PISA dan wawancara. Data hasil selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kemampuan literasi matematika peserta didik menggunakan indikator kemampuan literasi matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi 6 dari 6 inidkator pada setiap konten. Subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi 6 dari 6 indikator pada konten probabilitas/ketidakpastian dan data, perubahan dan hubungan serta bilangan, sedangkan pada konten ruang dan bentuk memenuhi 2 dari 6 indikator. Sementara itu, subjek dengan kemampuankomunikasi matematis rendah pada konten perubahan dan hubungan serta konten bilangan memenuhi 5 dari 6 indikator, pada konten probabilitas/ketidakpastian dan data memenuhi 3 dari 6 indikator, serta pada konten ruang dan bentuk memenuhi 2 dari 6 indikator.References
Amelia, Effendi, K. N. S., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136–145. Doi: https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.p136-145
Amelia, I., Syamsuri, & Novaliyosi. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX pada Konten Peluang Data. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.p331-345
Azmi, M. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Matematis pada Materi Segi Empat Kemampuan Komunikasi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 181–192. Doi: https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.p181-192
Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127–131. Doi: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035
Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 15–25. Doi: https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.32118
Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2022). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(2), 82–102. Doi: https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5i2.p82-102
Hakiki, I. A., & Wijayanti, P. (2021). Level Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 385–395. Doi: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10i2.p385-395
Kholil, M., & Putra, E. D. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 53–64. Doi: https://doi.org/10.32665/james.v1i1.p53-64
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 441–448. Doi: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8i2.p441-448
Lilianawati, Setiawan, T. B., Suwito, A., & Rini, P. K. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. JoMEaL: Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 253–264. Doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.25339
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.p825
Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206–219. Doi: https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana, 768–775.. Semarang: Universitas negeri Semarang.
OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). In OECD.
Pantaleon, K. V., Nendi, F., & Jehadus, E. (2018). Komunikasi Matematis dalam Terang Literasi Matematika. Journal of Songke Math, 1(2), 12–22.
Purwati, H., & Wuri, D. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat, 4(2), 17–23. Doi: https://doi.org/10.31316/j.deviat.v4i2.155
Saputri, L. D., Permatasari, R., & Septiadi, W. (2022). Students’ Mathematical Literacy Ability in Solving PISA Questions at SMP Kabupaten Melawi. LITERATUS (Literature for Social Impact and Cultural Studies), 4(1), 98–103. Doi: https://doi.org/https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.667
Setiawan, H., Dafik, & Diah Sri Lestari, N. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 244–251. Jember: Universitas Jember.
Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati, L., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 96–104. Doi: https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.134
Subaidah, Velentino, E., & Wijayanti, E. (2017). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Ruang dan Bentuk. Jurnal Buana Matematika, 7(1), 7–12. Doi: https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v7i1.p7-12
Suryaningsih, A., & Susanah. (2021). Profil Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 301–319. Doi: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10i2.p301-319
Wahyuni, V. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Sustainable, 5(1), 89–99. Doi: https://doi.org/https://doi.org/10.32923/ s.v5i1.2232
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License