Pengembangan E-LKPD berbasis Articulate Storyline bercirikan RME untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Materi Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i4.26818Keywords:
E-LKPD, Berpikir Kritis, Articulate Storyline, RME, PengembanganAbstract
Kemampuan berpikir kritis penting bagi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis adalah membuat inovasi dalam bahan ajar yaitu E-LKPD. Pendekatan RME dan kaitannya dengan materi aritmatika sosial mendukung upaya stimulasi kemampuan kritis. Diharapkan E-LKPD yang dikembangkan ini dapat menjadi alternatif bahan ajar dalam pembelajaran khususnya pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan E-LKPD berbasis articulate storyline dengan pendekatan RME untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial yang valid. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Four-D (4D) Holistic. Model pengembangan 4-D Holistic terdiri dari 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Persentase kelayakan berdasarkan ahli media adalah 91,96% dengan kategori sangat layak. Persentase kalayakan berdasarkan ahli materi adalah 87,5% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan dari angket praktisi adalah 84,17% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan dari angket peserta didik adalah 80,2% dengan kategori layak. Berdasarkan uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, praktisi serta peserta didik, produk hasil pengembangan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk menstimulasi kemampuan berpikir
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License