PENGEMBANGAN BUKU INSTRUKSIONAL PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26753Keywords:
Pengembangan, Buku, Artikel Ilmiah, Pendidikan MatematikaAbstract
Penelitian merupakan bagian dari tujuan akhir pendidikan atau learning outcome dari suatu universitas termasuk Program Studi Pendidikan Matematika. Dalam melakukan proses penelitian, seorang peneliti akan sangat sering sekali melakukan kajian atau publikasi melalui jurnal-jurnal penelitian. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk menguasai kemampuan untuk mengenal, memahami, mengkritisi, dan menafsirkan artikel jurnal agar penelitian yang dilakukan semakin baik. Oleh karena itu, peneliti memandang perlunya pengembangan buku teks untuk mata kuliah Review Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Review Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.
Pengembangan buku ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UAD yang mengikuti perkuliahan Journal Article Review. Instrumen yang digunakan yaitu angket ahli materi, angket ahli media dan respon siswa. Adapun hasil dari penliaian tersebut menunjukkan bahwa buku termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek materi dengan skor 4,83 dan aspek media dengan skor 4,86. Sedangkan menurut respon mahasiswa, buku ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,29.References
Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Hardiningtyas, T. (2016). KOMUNITAS PUSTAKAWAN MENULIS (Upaya Menyebarluaskan dan Melestarikan Pengetahuan). Jurnal Pustaka Ilmiah, 2(1), 163-172.
Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79-86.
Bustang. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Realistik pada SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Mulyatiningsih, E. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran. Sumber: http://www. Model-Pembelajaran-Addie. html. Diakses Pukul, 10.
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.
Jatmiko, W., Santoso, H. B., Purbarani, S. C., Syulistyo, A. R., Purnomo, D. M. J., Firmansyah, D., ... & Laili, N. A. (2015). Panduan penulisan artikel ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License