MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELUANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26363Keywords:
ADDIE, Android, Media Pembelajaran Matematika, MIT App Inventor, Materi PeluangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya jenis media pembelajaran interaktif berbasis android di SMAN 2 Bantul dalam pembelajaran matematika sehingga hal ini berpengaruh pada proses pembelajaran. Analisis kebutuhan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase lebih dari 80% siswa membutuhkan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat mendukung pengembangan media pembelajaran android dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbentuk aplikasi android dengan bantuan software MIT App Invenor pada pokok bahasan materi peluang. Media yang telah dikembangkan diharapkan dapat menjadi media pendamping siswa dalam belajar matematika. ADDIE dipilih menjadi model pengembangan dalam menciptakan media ini. Dengan skor rata-rata 90,32% dan kriteria sangat baik, penelitian ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hasil penilaian media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh 92,%, ahli media 95,45%, uji coba kelas kecil 86,25%, dan uji coba kelas besar 87,08%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License