ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26323Keywords:
Analisis kesalahan, penyebab kesalahan, luas permukaan dan volume prismaAbstract
Pembelajaran matematika merupakan belajar tentang konsep dan struktur matematika yang terdapat dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika di dalamnya. Pada kenyataannya pembelajaran matematika tidak berjalan dengan mudah, banyak siswa sangat kesulitan dalam memahami dan berinteraksi dengan matematika. Materi-materi yang dipelajari membuat siswa cukup kesulitan dikarenakan matematika begitu abstrak, banyak rumus, dan banyak perhitungan yang mengakibatkan siswa merasa bosan, takut dan sering melakukan kesalahan dalam proses pengerjaan soal matematika. Salah satu materi yang tidak jarang terdapat kesalahan dalam proses pengerjaannya adalah materi geometri. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume prisma. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dan subjek penelitian 20 siswa SMPN Fatumfaun. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian 3 soal serta wawancara. Dari 20 siswa dipilih 3 siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah melalui soal tes setelah itu dilakukan wawancara. Soal tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang banyak dialami siswa adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Penyebab kesalahan-kesalahan yaitu: 1) Kurangnya pemahaman rumus yang digunakan, tidak mengetahui rumus secara benar serta tidak menuliskan rumus secara detail. 2) Kurangnya memahami informasi di soal, proses penyelesaian yang tidak sampai tuntas. 3) Pengoperasian perkalian, penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang masih keliru, serta tidak teliti dalam menguraikan proses penyelesaian sehingga tidak mendetail.References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Firmawati, I. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma. Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamdani, Yan, & Bistari. (2012). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Serta Volume Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Untan, 2(9), 45–66.
Kiat, S. E. (2005). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Integration Problems. The Mathematics Educator, 9(9), 39 – 59. http://math.nie.edu.sg/ame/matheduc/journal/v9_1/v91_39.aspx.
Krismantono & Purnami. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660.
Machmuni, F. (2006). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan di Kelas VII SMPN 1 Sungai Raya. FKIP UNTAN.
Miles, M. B. & A. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrudin, R. T. (2017). Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus Dan Balok Di Mts Negeri Sukoharjo.
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836.
Roza, M. & Maimunah, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 11–18.
Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi.5(2), 1–6.
Soebianto & Purwanto. (2012). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. Jurnal Penelitian Sekolah Dasar. 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/1062/778.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Waluya, S. B. (2006). Multimedia Pembelajaran. Handout perkuliahan Program Magister Program Studi Matematika. Unnes.
Warkintin, W. & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License