PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26143Keywords:
latar belakang keluarga, social ekonomi, hasil belajarAbstract
Banyak sekali anak-anak yang berada pada ekonomi bawah tidak mengenyam Pendidikan dengan baik. Padahal salah satu hak anak yang terlahir di dunia ini ialah mendapat pendidikan. Pendidikan pertama yang mereka dapatkan ialah pendidikan di dalam lingkungan keluarga. Namun karena faktor keterbatasan bahan bacaan, fasilitas belajar, dan kurangnya pendidikan dari orang tua siswa membuat proses pembelajaran seorang anak didalam keluarga kurang terpenuhi. Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan karena akan berpengaruh baik juga terhadap hasil belajar siswa. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Status sosial ekonomi dari suatu keluarga memiliki peranan penting terhadap proses belajar dan perkembangan seorang anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang disimpulkan dan ditampilkan dalam bentuk angka dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengambilan penelitian ini adalah metode angket dan hasil tes tulis dengan uji regresi linear. Hasil penelitian pada siswa sebanyak 20 orang menunjukan bahwa adanya pengaruh kondisi social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,9%. Kondisi social ekonomi orang tua dalam hal ini terdapat tiga aspek yaitu penghasilan orang tua, pendidikan orang tua dan fasilitas belajar. Keadaan sosial ekonomi orang tua sangat erat kaitannya dengan kelangsungan proses pembelajaran seorang siswa. Secara tidak langsung hal tersebut mempunyai peranan penting dalam peningkatan hasil belajar siswa.
References
Afriyani, A. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dengan latar belakang sosial ekonomi berbeda terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MSI 01 Kauman Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Ardhiyah, M. A. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5-8.
Arista, M., Sadjiarto, A., & Santoso, T. N. B. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Teman Sebaya terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7334-7344.
Astuti, S. (2014). Hubungan antara Latar Belakang Sosial Ekonomi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 159/1 Rambahan.
Bramantha, H., & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 38-47.
Charlinah, N. P. (2018). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Dan Lingkungan Sosial Siswa Terhadap Self Efficacy Serta Dampak Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMA. (Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana).
Damis, D., & Muhajis, M. (2019). Analisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada sekolah dasar negeri 3 allakuang kecamatan maritengngae kabupaten sidenreng rappang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 216-228.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 93–196.
Fadlan, A. (2022). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 81-88.
Islamiah, M. (2022). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Cendrawasih I Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Maulidia, R., Hasanah, T., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Faktor Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS Mathla’ul Anwar. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 122-129.
Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302-317.
Mutia, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 4(2), 273-278.
Nurrahman, B. A. (2019). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips kelas xi smk muhammadiyah 5 kalitidu (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO).
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Priani, D. H. S., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379-390.
Rahayu, W. P. (2012). Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 65-71.
Samrin, S., Syahrul, S., & Maknun, D. R. L. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2), 250-271.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 39-51.
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(02), 177-193.
Sudarwanto, B. (2018). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 116-121.
Susilawati, Y. (2021). Pengaruh Efektivitas Bimbingan Orang Tua dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 158-168.
Utomo, S. D., & Adi, B. W. (2018). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).
Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License