ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED

Authors

  • Hery Dwi Luthfi STKIP Bina Insan Mandiri
  • Erik Valentino STKIP Bina Insan Mandiri
  • Evi Widayanti STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26054

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, soal open ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal open ended dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal open ended. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 siswa SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dan terdiri dari 1 siswa good ability, 1 siswa middle ability, dan 1 siswa poor ability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tahapan pemecahan masalah sudah terpenuhi dengan baik, hanya 1 siswa yang kurang memenuhi tahapan pada salah satu soal. Setiap subjek juga sudah menyelesaikan soal dengan baik dan siswa yang memiliki kemampuan poor ability menurut sekolah belum tentu mendapat hasil terendah, hal ini terbukti dengan penelitian ini yang menunjukkan bahwa siswa poor ability justru dapat memahami kedua soal dengan baik hanya saja kurang teliti dan kurang fokus dalam memahami soal. Hal ini menunjukkan bahwa soal open ended mempunyai peranan yang penting dalam pembelajaraan matematika, dengan soal open ended siswa dituntut agar berpikir kreatif untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles