KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26033Keywords:
Berpikir Geometri, Van Hiele, Penalaran AdaptifAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir Van Hiele pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Ketapang. Kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada materi geometri. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan memberikan soal tes Van Hiele kepada 35 orang siswa, dilanjutkan memberikan tes essay kepada 3 siswa pada level van hiele 0, level 1 dan level 3 untuk melihat kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 35 siswa yang diberikan tes, level berpikir geometri siswa masih didominasi pada level 0. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 0 dan level 3 memiliki kemampuan penalaran adaptif pada tahapan analisis (indikator 2), pemecahan masalah (indikator 3) dan menarik kesimpulan (indikator 4), namun kurang mampu dalam penyusunan dugaan (indikator 1). Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 1 tidak mampu melakukan penyusunan dugaan, analisis, pemecahan masalah dan penarikan kesimpulanDownloads
Published
2023-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License