KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE

Authors

  • Ulfa Cantika Putri Universitas Ahmad Dahlan
  • Harina Fitriyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26033

Keywords:

Berpikir Geometri, Van Hiele, Penalaran Adaptif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir Van Hiele pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Ketapang. Kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada materi geometri. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan memberikan soal tes Van Hiele kepada 35 orang siswa, dilanjutkan memberikan tes essay kepada 3 siswa pada level van hiele 0, level 1 dan level 3 untuk melihat kemampuan penalaran adaptif. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 35 siswa yang diberikan tes, level berpikir geometri siswa masih didominasi pada level 0. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 0 dan level 3 memiliki kemampuan penalaran adaptif pada tahapan analisis (indikator 2), pemecahan masalah (indikator 3) dan menarik kesimpulan (indikator 4), namun kurang mampu dalam penyusunan dugaan (indikator 1). Siswa yang memiliki kemampuan berpikir geometri van hiele level 1 tidak mampu melakukan penyusunan dugaan, analisis, pemecahan masalah dan penarikan kesimpulan

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles