PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26024Keywords:
Pembelajaran daring, Minat Belajar, MatematikaAbstract
COVID-19 yang mengakibatkan seluruh aktivitas luring dilakukan secara daring untuk menghindari penularan virus ini. Salah satunya dengan, melaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi COVID-19. Dalam penerapannya, terdapat kendala-kendala yang dialami baik guru maupun siswa. Kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi penyampaian materi oleh guru dan minat belajar pada pelajaran matematika. Hal ini yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh positif saat pembelajaran daring dilaksanakan terhadap minat belajar siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri di Kab. Kapuas Hulu pada semester Gasal, Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Seluruh siswa kelas IX SMP tersebut merupakan populasi penelitian, dengan anggota sampel 27 orang siswa kelas IX B. Teknik analisis sederhana diperlukan guna menganalisa data yang diperoleh. Setelah dianalisa, terdapat pengaruh yang positif sebesar 0,184 saat pembelajaran daring diterapkan, terhadap minat belajar siswa. Walaupun tidak signifikan, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran daring pasti mempunyai pengaruh pada minat belajar siswa.
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Andriani dan Rasto dalam Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243
Fahturrohman, M., & Sulistyorini S. (2012). Belajar & Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. D. I. Yogyakarta : Teras
Fatimah, C., Asmara, P. M. & dkk. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematik Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9
Mustamin, S. H. (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika. Alauddin University Press: Makassar
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses pada https://kbbi.kemdikbud.go.id
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemenkes RI
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021, October). Meningkatkan Minat Belajar Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 206-211).
Priatna, Nanang., Yuliardi, Ricky. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ricardu & Meilani dalam Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224
Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis
Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 dalam Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh: Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License