PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Amalia Wahyu Anggini Universitas Ahmad Dahlan
  • Siti Nur Rohmah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26024

Keywords:

Pembelajaran daring, Minat Belajar, Matematika

Abstract

COVID-19 yang mengakibatkan seluruh aktivitas luring dilakukan secara daring untuk menghindari penularan virus ini. Salah satunya dengan, melaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi COVID-19. Dalam penerapannya, terdapat kendala-kendala yang dialami baik guru maupun siswa. Kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi penyampaian materi oleh guru dan minat belajar pada pelajaran matematika. Hal ini yang menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh positif saat pembelajaran daring dilaksanakan terhadap minat belajar siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri di Kab. Kapuas Hulu pada semester Gasal, Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Seluruh siswa kelas IX SMP tersebut merupakan populasi penelitian, dengan anggota sampel 27 orang siswa kelas IX B. Teknik analisis sederhana diperlukan guna menganalisa data yang diperoleh. Setelah dianalisa, terdapat pengaruh yang positif sebesar 0,184 saat pembelajaran daring diterapkan, terhadap minat belajar siswa. Walaupun tidak signifikan, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran daring pasti mempunyai pengaruh pada minat belajar siswa.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Andriani dan Rasto dalam Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243

Fahturrohman, M., & Sulistyorini S. (2012). Belajar & Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. D. I. Yogyakarta : Teras

Fatimah, C., Asmara, P. M. & dkk. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematik Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9

Mustamin, S. H. (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika. Alauddin University Press: Makassar

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses pada https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemenkes RI

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021, October). Meningkatkan Minat Belajar Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 206-211).

Priatna, Nanang., Yuliardi, Ricky. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ricardu & Meilani dalam Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224

Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 dalam Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh: Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles