PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26022Keywords:
RME, Hasil Belajar Peserta didik, Animasi Powtoon, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik MTs Darul Mukhlashin menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Animasi Powtoon. Jenis peneltiian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan responden yang diteliti kelas VII sebanyak 19 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada siklus pertama hasil belajar peserta didik dinyatakan berhasil dengan nilai persentase 79% dari seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Mukhlashin, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar peserta didik dikatakan berhasil karna perolehan nilai persentasenya 100% dari peserta didik seluruhnya. Jadi penelitian ini dikatakan berhasil karena Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Animasi Powtoon dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik MTs. Darul Mukhlashin
References
Arikunto,S. Suhardjono, & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learning dan platform daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 306-314.
Jauziah, J. (2022). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Di SDN 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Rayakabupaten Agam. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 7(1), 52-60.
Mukhtar, N. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 173 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 282-296.
Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30-35.
Setyawan, D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License