PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Faizatul Fatmala Universitas Islam Jember
  • Tri Novita Irawati Universitas Islam Jember
  • Fury Setyo Siskawati Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v10i1.26022

Keywords:

RME, Hasil Belajar Peserta didik, Animasi Powtoon, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik MTs Darul Mukhlashin menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Animasi Powtoon. Jenis peneltiian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan responden yang diteliti kelas VII sebanyak 19 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada siklus pertama hasil belajar peserta didik dinyatakan berhasil dengan nilai persentase 79% dari seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Mukhlashin, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar peserta didik dikatakan berhasil karna perolehan nilai persentasenya 100% dari peserta didik seluruhnya. Jadi penelitian ini dikatakan berhasil karena Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)  Berbantuan Animasi Powtoon dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik MTs. Darul Mukhlashin

References

Arikunto,S. Suhardjono, & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learning dan platform daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 306-314.

Jauziah, J. (2022). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Di SDN 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Rayakabupaten Agam. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 7(1), 52-60.

Mukhtar, N. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 173 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 282-296.

Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30-35.

Setyawan, D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles