UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i4.25358Keywords:
Peningkatan, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 dalam mata pelajaran matematika masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas VII E SMP SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil wawancara, analisis observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran problem based learning (PBL). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan oleh peningkatan setiap aspek kemampuan pemecahan masalah serta nilai rata-rata kelas. Aspek menuliskan unsur yang diketahui dan unsur yang ditanyakan terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 57,07% naik menjadi 71,71% pada siklus II. Aspek menuliskan salah satu strategi dan menyusun model matematika terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 42,42% naik menjadi 91,41% pada siklus II. Aspek melakukan perhitungan sesuai dengan strategi dan pemodelan yang telah direncanakan terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 59,59 % naik menjadi 86,6% pada siklus II. Aspek menuliskan kesimpulan dan melakukan pengecekan kembali terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 47,22% naik menjadi 86,36% pada siklus II.
References
Suharsimi,A,dkk.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara
Suherman,E.,dkk 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia
Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License