ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i4.25357Keywords:
Validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya beda, pengecoh.Abstract
Instrumen tes soal Penilaian Tengah Semester (PTS) gasal mata pelajaran matematika kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Sewon belum dianalisis karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dari butir soal penilaian tengah semester gasal mata pelajaran matematika kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perangkat soal penilaian tengah semester kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda dan hasil penilaian tengah semester peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Microsoft Excel.
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) soal PTS telah disusun berdasarkan kisi-kisi; 2) dari 30 butir soal terdapat 12 butir soal yang sukar, 11 soal yang sedang, dan 7 soal yang mudah; 3) 4 butir soal memiliki daya pembeda negatif atau tidak baik, 15 butir soal memiliki daya pembeda jelek, 9 soal memiliki daya pembeda cukup, dan 2 butir soal memiliki daya pembeda yang baik; 4) 19 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang semua pengecohnya berfungsi, 5 butir soal yang tiga pengecohnya berfungsi, 1 butir soal yang dua pengecohnya berfungsi, tidak ada soal yang memiliki efektivitas pengecoh yang satu pengecohnya berfungsi, dan 5 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang semua pengecohnya tidak berfungsi; 5) reliabilitas soal Penilaian Tengah Semester gasal mata pelajaran Matematika kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2018/2019 rendah dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,3626.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharun, Hasan. 2017. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah. 6(1).
Julia, dkk. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar. 1(2):33-42.
Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosd
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License