PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS VIII SMP/MTS
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.25350Keywords:
Modul Matematika, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Problem Based LearningAbstract
Sumber belajar yang ada belum membuat peserta didik belajar mandiri. Modul sistem persamaan linier dua variabel berbasis Problem Based Learning dibutuhkan dalam proses pembelajaran.. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs dan untuk menghasilkan Modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs yang memenuhi kriteria layak.
Penelitian ini dengan model penelitian ADDIE dengan tahapan yang meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Kalasan dan SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data diambil dari ahli materi, ahli media, dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil berupa Modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan penilaian yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan respon siswa kelas VIII SMPN 2 Kalasan dan SMP Muhammadiyah 2 kalasan. Adapun hasil penilaian modul oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 89,3333 dengan kriteria penilaian sangat layak, ahli media diperoleh skor rata-rata 115,67 dengan kriteria penilaian sangat layak, dan total penilaian oleh siswa diperoleh skor rata-rata 95,015 dengan kriteria penialain layak. Berdasarkan pada angket respon siswa, siswa berpendapat bahwa modul Sistem Persamaan Linier Dua Variabel bagus dan menarik untuk dipelajari.
References
Daryanto. 2013. Menyusun Modul : Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.
Eko Putro Widoyoko,S. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang : Akadedia Permata.
Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan. Yogyakarta:UNY Press.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Runtukahu, J. Tombokan dan Selpius Kandou. 2016. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License