ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMP NEGERI 3 MLATI
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.25347Keywords:
analisis butir soal, matematika, validitas, indeks kesukaran, daya pembeda, reliabilitasAbstract
Hasil observasi menunjukkan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII A tahun ajaran 2018/2019 belum dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi, indeks kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, dan reliabilitas soal Penilaian Tengah Semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 mata pelajaran matematika kelas VIII A di SMP Negeri 3 Mlati.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Mlati tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 peserta didik, dan objek dari penelitian ini adalah butir soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran matematika kelas VIII A semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Teknik pegumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh berupa lembar kisi-kisi pembuatan soal, lembar butir soal Penilaian Tengah Semester, lembar kunci jawaban, dan lembar jawaban peserta didik yang mengikuti Penilaian Tengah Semester. Validitas isi soal PTS dianalisis dengan mengecek kesesuaian butir soal dengan kisi-kisi yang dilakukan oleh ahli. Indek kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, dan reliabilitas soal PTS dianalisis dengan bantuan program Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis dari 40 butir soal PTS (1) 40 butir soal termasuk dalam kategori valid dari segi isi dan 1 butir soal dikatakan valid namun soal tersebut tidak memiliki pilihan jawaban benar; (2) ditinjau dari segi indeks kesukaran terdapat 1 butir soal tidak termasuk dalam kategori apapun karena tidak memiliki pilihan jawaban benar, 11 atau 27,5% butir soal termasuk dalam kategori sukar, 17 atau 42,5% butir soal termasuk dalam kategori sedang, 11 atau 27,5% butir soal termasuk dalam kategori mudah; (3) ditinjau dari segi daya pembeda terdapat 2 atau 5,1% butir soal termasuk dalam kategori baik, 8 atau 20,5% butir soal termasuk dalam kategori cukup, 24 atau 61,5% butir soal termasuk dalam kategori jelek, 5 atau 12,8% butir soal termasuk dalam kategori sangat jelek dan 1 butir soal tidak termasuk dalam kategori apapun; (4) ditinjau dari segi keberfungsian pengecoh dari 120 pengecoh dan 40 kunci jawaban. Dikarenakan 1 butir soal tidak memiliki pilihan jawaban yang benar maka dari 39 butir soal terdapat 117 pengecoh dan 39 kunci jawaban benar.; (5) Reliabilitas soal PTS adalah sebesar 0,3076 dimana sehingga reliabilitasnya rendah.
References
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Brown H. (2004). Principle language assessment: principle and classroom practice. Longman: New York
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Danuwijaya, Ari Arifin. 2018. Item Analysis Of Reading Comprehension Test For Post-Graduate Students. Journal Of English Educcation. 7 (1), 29-49
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Mehta, Geta. 2014. Item Analysis of Multiple Choice Questions- An Assessment of the Assessment Tool. International Journal of Health Sciences and Research. ISSN: 2249-9571.
Majid, Abdul. 2014. Penilian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen tes dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDIKIA Press.
Oluwatayo, J. 2012. Validity and reliability issues in educational research. Journal of Educational and Social Research 2, 391-400
Pemerintah Indonesia. 2005. Undang-Undang Republik Idonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara
Prabowo, Anggit. 2016. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA. ISBN: 978-602-361-045-7.
Prijowuntato, S. Widanarto. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: SANATA DHARMA UNIVERSITY PRESS.
Rahmawati, 2012. Analisis Butir Soal Matematika Pada UKA PLPG LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Banjarmasin
Sabri, Shafizan. 2013. Item Analysis Of Student Comprehensive Test For Research In Teaching Beginner String Ensemble Using Model Based Teaching Among Music Students In Public Universities. International Journal of Education and Research. 1(12). 1-14
Taherdoost, Hamet. 2016. Validity and Reliability of The Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. International Journal of Academic Research in Management. 5(3):28-36.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License