PENGARUH STRATEGI PEER INSTRUCTION DAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i4.25268Keywords:
Strategi Peer Instruction, Strategi Scaffolding, dan Pemahaman Konsep.Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika serta untuk mengetahui adanya interaksi antara strategi peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bilah Hulu tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasy experimental) dengan rancangan post-test only control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen satu dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dua. Berdasarkan hasil penelitian yang diuji dengan ANOVA pemahaman konsep dari kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua disimpukan bahwa: 1) memperoleh signifikan sebesar 0,233, signifikan > 0,05 yang artinya diterima atau tidak terdapat pengaruh dari salah satu strategi yang digunakan. Hasil uji tidak berpengaruh dikarenakan kedua strategi mengahasilkan nilai pemahaman konsep yang baik untuk masing-masing kelas eksperimen. 2) memperoleh signifikan sebesar 0,610 > 0,05 artinya diterima atau tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik..
References
Fariyani & others. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada
Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2): 143.
Gaguk, R. & Aldila W.N. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya Dan Gerak Untuk
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 5.(2): 80-82
Halim, A., Suriana. & Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep
Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan
Pendidikan Fisika, 3(1): 2.
Hamzah, B.U. & Satria, K. (2013). Assesment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Haniin,
K., Markus D. & Supriyono K.H. (2015). Pengaruh Pembelajaran TPS Dengan Scaffolding Konseptual
Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sintesis Fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3): 99.
P-ISSN 2355-8199 | E-ISSN 2775-5746
AdMathEduSt Vol.9 No.4 Desember 2022
Harum, Y.R., Nanang, S. & Sri, P.N. (2017). Pengaruh Models Eliciting Activities Dalam Pembelajaran
Matematika Dengan Penggunakan Metode Scaffolding Terhadap Self Directed Learning,
Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017 (h. 240) Lampung: UIN Raden
Intan Lampung. Hasan., Saleem., Diola, B. & Ella, L.K. (2014).
Misconceptions and the Certainty of Response Misconceptions and the Certainty of Response Index ( CRI ).
Physics Education, V. 294-299.
Husnul, L. (2016). The Effectiveness of the CTL and PBL Approaches Viewed from Students. Motivation
and Achievement in Mathematics Learning. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1):
I, D K., Wartono. & M, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction
Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia, 10(1): 37.
Indrawati. (2017). Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1): 10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License