Etnomatematika Pada Budaya Cilacap Sebagai Sumber Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i4.25010Keywords:
Etnomatematika, Budaya Cilacap, Sumber Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat bahwa dalam budaya Cilacap mengandung unsur etnomatematika sebagai sumber belajar matematika. Dimana etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya, yang bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terkait dengan konsep matematika pada budaya khususnya budaya Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa dalam budaya Cilacap mengandung unsur etnomatematika sebagai sumber belajar matematika seperti pada permainan tradisional engklek yaitu pada papan permainan (persegi), gaco (lingkaran, layang-layang, persegi panjang, segitiga), aturan permainan (logika matematika), hom pim pa sebelum permainan dimulai (peluang). Kerajinan tangan anyaman bambu yaitu pada irig (lingkaran), kipas (persegi), kocok (lingkaran, persegi), kukusan (kerucut). Rumah adat bernama bandung tikelan yaitu pada atap rumah (limas), langit-langit/plafon rumah (persegi panjang), ragam bentuk atap (trapesium), ventilasi (segitiga, lingkaran), dinding rumah terbuat dari susunan kayu (persegi panjang). Rebana, yaitu pada tam (lingkaran), bass (tabung). dan Karawitan yaitu pada setiap pukulan alat musik yang memiliki ketukan mengandung konsep pola bilangan aritmatika. Tidak hanya unsur etnomatematika pada budaya yang melekat pada berbagai tradisi tersebut juga terdapat unsur aktivitas etnomatematika seperti aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, aktivitas merancang bangun, dan aktivitas bermain.References
Fajriyah, E, (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dan Mendukung Literasi, Prisma:
Prossiding Seminar Nasional Matematika di Universitas Semarang, Semarang: 8 Januari. Hal. 114-
Indriani, Popi. 2016. Skripsi: “Implementasi Etnomatematika berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran
Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar”. (Lampung: IAIN Raden Intan), hlm. 3.
Mundiri, 2017. Logika, Depok: Rajawali Pres, PT RajaGrafindo Persada, Hal 3.
Putra, R.W.Y., dan Popi Indriani, 2017. “Implementasi Etnomateamatika Berbasis Budaya Lokal Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar”, Jurnal Matematika dan Pendidikan
Matematika, Vol. 1. No 1. Hal.22.
Putri, L. I. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada
Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. IV, No. 1, hlm. 21-31.
Rudhito, dkk. 2019. Matematika dalam Budaya Kumpulan Etnomatematika, Yogyakarta: Penerbit
Garudhawaca.
Sianturi, Murni. 2019. “Geometri & Pengukuran di Pendidikan Dasar” (Bandung: Alfabeta). Hal 5-74.
Silaban, S, (2017). Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan: Harapan
Cerdas Publisher.
Sugiyono. 2019. “Metodologi Penelitia: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” (Bandung: Alfabeta). Hal 226.
Supanggah, Rahayu. 2002 “Bothekan Karawitan I. (Jakarta: Fond Foundation & Masyarakat Seni
Pertunjukkan Indonesia.
Utami Anggraini, 2018 “Eksplorasi Sumber Belajar Pada Rancang Banguj Rumah Adat Lampung (Lamban
Dalom) Dengan Perspektif Etnomatematika”. RepositoriRadenintan.ac.id.
Wahyuni, N.S. 2021. “Analisis Etnomatematka Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pembelajaran
Matematika Di Kabupaten Sukabumi”, Jurnal: Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Mughammadiya Sukabumi, Vol.4, No. 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License