MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.24644Keywords:
problem posing, kemampuan berpikir kreatif matematisAbstract
Eksperimen ini akan membandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran model problem posing dengan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran kovensional. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui model manakah yang lebih baik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi pada eksperimen ini yaitu siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Sampel eksperimen ini adalah kelas populasi yang dipilih secara acak(sample random sampling). Data eksperimen diperoleh melalui pre-test dan post-test. Analisis data eksperimen ini menggunakan uji hipotesis dan uji lanjutan. Hasil eksperimen ini menunjukan bahwa model problem posing mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa lebih baik dibandingkan model kovensional.
References
Asmara, Adi. 2014. Model-Model Pembelajaran Konstruktivis. Bengkulu : Tidak Diterbitkan.
Damayana, R., Andinasari, dan Lusiana. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 223-232.
Florida, Richard, Mellander, C., & King. (2015). The global creativity index. Martin Prosperity Institute
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar Yogyakarta.
Kemdikbud. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. dirjen guru dan tenaga kependidikan kemendikbud. Jakarta: Kemdikbud.
Risnanosanti, Syofiah, M., & Hasdelyati.(2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Lesson Study. INDIKTIKA(jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(20, 168-178.
Safaria, S., & Sangila, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari pada materi bangun datar. Jurnal Al-Ta'dib, 11(2), 73-90. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar dan pembelajaran: pengembangan wacana dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License