PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI POLA BILANGAN KONTEKS PALEMBANG UNTUK SMP/MTs

Authors

  • Dini Damayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sujinal Arifin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Retni Paradesa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.24479

Keywords:

Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Pola Bilangan, Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang telah memenuhi criteria valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan sesuai alur desain pengembangan formative evaluation Tesmmer.  Melalui tahapan Tesmmer diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesisa ini telah memenuhi kriteria valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan, validator juga telah menyatakan bahwa LKPD telah valid. Kemudian berdasarkan hasil komentar dan saran yang diberikan oleh peserta didik, LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini telah memenuhi kriteria praktis.

 

References

Abdul, M. (2007). Perencanaan pembelajaran. Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya.

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.

Ariyanti, Gregoria. 2008. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistikyang dipadu Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw pada Kelas VII SMP st. Bernandus Madiun. http://ariyanti.feeliesta.com/. diakses tanggal 13 maret 2021.

Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 1-16.

Jannati, R. P., Isnaini, M., & Afgani, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 12(2)

Manurung, Satriani B. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis PMRI pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Student Online Jurnal Volume 1 (hal. 640). Tanjung pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Marpaung, Y. 2007. Pelaksanaan PMRI Di Smp Dengan Mempperhatikan Kecerdasan Peserta didik.makalah. Yogyakarta: universitas sanat dharma.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di SMP. Modul matematika SMP Program Bermutu. Kemendiknas PPPPTK Matematika.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles