PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI POLA BILANGAN KONTEKS PALEMBANG UNTUK SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i3.24479Keywords:
Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Pola Bilangan, PalembangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang telah memenuhi criteria valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan sesuai alur desain pengembangan formative evaluation Tesmmer. Melalui tahapan Tesmmer diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesisa ini telah memenuhi kriteria valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan, validator juga telah menyatakan bahwa LKPD telah valid. Kemudian berdasarkan hasil komentar dan saran yang diberikan oleh peserta didik, LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini telah memenuhi kriteria praktis.
References
Abdul, M. (2007). Perencanaan pembelajaran. Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya.
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.
Ariyanti, Gregoria. 2008. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistikyang dipadu Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw pada Kelas VII SMP st. Bernandus Madiun. http://ariyanti.feeliesta.com/. diakses tanggal 13 maret 2021.
Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 1-16.
Jannati, R. P., Isnaini, M., & Afgani, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 12(2)
Manurung, Satriani B. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis PMRI pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Student Online Jurnal Volume 1 (hal. 640). Tanjung pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Marpaung, Y. 2007. Pelaksanaan PMRI Di Smp Dengan Mempperhatikan Kecerdasan Peserta didik.makalah. Yogyakarta: universitas sanat dharma.
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di SMP. Modul matematika SMP Program Bermutu. Kemendiknas PPPPTK Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License