Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pitagoras
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.23561Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A dan IX G dalam menyelesaikan soal cerita pada materi theorema pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas IX A dan IX G, yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa. Bentuk instrumen yang digunakan adalah pemberian tes dan angket respon siswa yang sudah diuji validitasnya.Hasil analisis data tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A menunjukan bahwa terdapat 13,3% siswa mencapai pada kategori sangat tinggi, 40% siswa pada kategori tinggi, 33,3 % siswa pada kategori sedang, 13,3% siswa pada kategori rendah, dan 0% siswa pada kategori sangat rendah. Sedangkan untuk kelas IX G terdapat 0% siswa pada kategori sangat tinggi, 0% siswa pada kategori tinggi, 6,7% siswa pada kategori sedang, 86,7% siswa pada kategori rendah, dan 6,7% siswa pada kategori sangat rendah.Kesimpulan penilitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX A mampu mencapai pada kategori sangat tinggi, sedangkan untuk siswa kelas IX G hanya mampu mencapai pada kategori sedang.
Â
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Soal Cerita, Theorema Pythagoras
References
Dini Kinanti Fardah. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano FMIPA UNNES, 3.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.460.2064
Ika Lestari & Linda Zakiah. (2019). Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran (2 ed.). Erzatama Karya Abadi.
Rusydi Ananda & Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan. CV. Widya Puspita.
Tatag Yuli Eko Siswono & I Ketut Budayasa. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Matematika. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf
Utami Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Wahyudi, W., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Suyitno, H. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability and Scaffolding Process According with Learning Styles for Pre-Service Teachers. Anatolian Journal of Education, 3(1). https://doi.org/10.29333/aje.2018.314a
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License