HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23034Abstract
Hasil belajar matematika siswa berhubungan dengan banyak faktor. Kepercayaan diri, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Bantul tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 162 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII E yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik angket dan tes. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji daya beda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis datamenggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antarakepercayaan diri (X1), dan perhatianorang tua(X2)dengan hasil belajar matematika siswa dengan  yaitu  10,5741 ˃ 3,3158 yaitu dengan R= 0,6430 dan R2 = 0,4135 denganserta SR(X1) = 63,4179 %, SR(X2)= 36,582099 %, SE(X1) = 26,2213 %, SE(X2) = 15,1256%
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta.
Aryani, Triyan dkk. 2009. Kecenderungan Menyontek dalam kaitannya dengan Kepercayaan diri dan Motovasi Diri pada Pelajar SMK PGRI 1. Yogyakarta.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Fitriana, wulansari. 2013. Hubungan Antara Kepercayaan diri siswa, Karakteristik cara mengajar guru dan Teman sebaya di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta : Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1 No. 3. ISSN : 2355-8199.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wendari, Weni dan Uswatun Khasanah. 2014. Hubungan antara Perhatian Orang
Tua, Kecerdasan Intelektual (IQ), dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Minggir Kabupaten Sleman Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta : Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1 No. 3. ISSN : 2355-8199.
Wempianada, Eva. 2017. Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XSemester Genap SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License