HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23033Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar adalah tiga faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 terdiri dari 3 kelas. Kelas sampel yaitu kelas XI B dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, angket kemandirian belajar, angket fasilitas belajar, dan tes hasil belajar. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. Pada taraf signifikan 5%  dan ,  dengan koefisien korelasi ganda R = 0,879 dan koefesien determinan ganda 9 dengan persamaan regresi ganda tiga variabel yaitu . Besar  , , , dengan koefisien determinan gandanya 0,739 dan %,  .
References
Khasanah, U. 2016. Analisis Regresi. Yogyakarta: UAD Yogyakarta.
Sugiyoni. 2015. Statistic untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Indarwati, Retno. 2015. AdMathEduSt Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika, dan Matematika Terapan. Hubungan Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, dan Perhatian Orang tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Berbah Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Vol.2, No.1, page 167-174.
Rakhmawati, Fury. 2015. AdMathEduSt Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika, dan Matematika Terapan. Hubungan Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping Kabupaten Sleman Semeter Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Vol.2, No.1, page 93-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License