UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i3.23031Abstract
Pembelajaran yang tidak melibatkan aktivitas siswa akan mempengaruhi kreativitas belajar siswa, terutama pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 21 siswa laki – laki dan 11 siswa putri. Objek penelitian dengan menggunakan pemecahan masalah (problem solving) untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kreativitas, wawancara,observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menerapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Pada Siklus I rata – rata presentase kreativitas belajar kreativitas siswa sebesar 62,67 % dalam kriteria cukup, Siklus II rata – rata kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 73,43 % dalam kriteria baik dan siklus III rata – rata presentase kreativitas belajar kreativitas siswa sebesar 80,31 % pada kriteria cukup baik.
References
Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoma Teoritis Praktik Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
____________, 2010. Peneliti Tindakan .Yogyakarta : Aditiya Media.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : PT Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License