ANALISIS CARA BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERPRESTASI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23027Abstract
Keberhasilan siswa dalam pendidikan di sekolah merupakan hasil yang diperoleh dari proses kegiatan belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar yaitu cara belajar yang dilakukan siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar matematika siswa berprestasi kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta.Subjek penelitian terdiri dari 11 siswa yang memiliki nilai matematika tertinggi di setiap kelas XI MIPA dan objek penelitiannya tentang cara belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi dengan instrumen penelitiannya berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar matematika subjek yang diteliti adalah tidak membuat jadwal belajar matematika secara khusus maupun tertulis. Jadwal disesuaikan dengan keadaan masing-masing subjek. Hal ini berlaku untuk siswa yang berprestasi. Pembagian waktu belajar rata-rata pada malam hari antara pukul 19.00-21.00 atau 20.00-22.00. Melaksanakan jadwal belajar juga disesuaikan dengan kebutuhan subjek, rata-rata lama belajar kurang lebih 1-2 jam. Saat membaca buku matematika subjek langsung membaca rumus dan contoh soal. Catatan dibuat dengan menuliskan hal-hal yang penting seperti rumus dan contoh soalnya. Mengulangi pelajaran matematika dengan banyak mengerjakan latihan soal dan membuat ringkasan. Melakukan konsentrasi dengan meningkatkan motivasi dan minat terhadap matematika, memiliki tempat yang nyaman, melakukan hal-hal yang dapat mencegah kebosanan, dan menyingkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Mengerjakan tugas biasanya dikerjakan soal yang mudah dulu. Ketika menghadapi ujian subjek mengatur kembali jadwal belajar, menyiapkan bahan materi untuk belajar, membaca ringkasan, mengerjakan soal latihan, menjaga konsentrasi dan kesehatan.
References
Aan Hasanah. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ali Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bamdung: Alfabeta.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Erman Suherman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamzah B. Uno. 2016. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati. 2013. Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran Pada Mata Diklat Melaksanaka Proses Administrasi Transaksi Di Smk Taman Siswa Sumpiuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Sumpiuh: e-jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 2 (1): 39-40. Diambil dari: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/373.28. (diakses 20 Desember 2017).
Maulana Al Kahfy. 2014. Cara Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 32 Surabaya. Diambil dari: https://www.academia.edu/10181757/PENELITIAN_KUALITATIF_ CARA_BELAJAR_SISWA_BERPRESTASI_DI_SMP_NEGERI_32_ SURABAYA (diakses 19 September 2017).
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ragiel Rangga Febrianisah. 2016. Cara Belajar Sejarah Siswa Berprestasi di SMA Negeri 12 Surabaya. Surabaya: e-Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 4, Nomor 3, Oktober 2016. Diambil dari:
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article. (diakses 19 September 2017).
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardjono. 2007. Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tiara Ernita, Fatimah, Rabiatul Adawiah (2016), Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin. Banjarmasin: e-Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 6, Nomor 11, Mei 2016. Diambil dari: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/747
(diakses 20 Desember 2017).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License