EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KASIHAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i2.23026Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dan efektivitas pendekatan PMRI dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian kelas VIII sebanyak lima kelas SMP Negeri 3 Kasihan Bantul yang terdiri dari kelas A, B, C, D, dan E. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling terhadap kelas, untuk kelas eksperimen diperoleh kelas B dan kelas kontrol diperoleh kelas C. Metode pengumpulan data mengunakan metode tes, dengan instrumen penelitian berupa tes yang diuji dengan uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji F dan uji hipotesis meliputi uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan uji t dua pihak, diperoleh  dan  2,01290 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 46. Hal ini berarti bahwa , sehingga  ditolak dan  diterima. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan uji t satu pihak, diperoleh  2,042843 dan  1,67866 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 46. Hal ini berarti bahwa , sehingga  ditolak dan  diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan PMRI dengan pendekatan saintifik, serta pendekatan PMRI lebih efektif daripada pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018
Â
References
Anwar, L., dkk (2012). Eliciting Mathematical Thinking of Students through Realistic Mathematics Education. IndoMS. J.M.E. 3(1), 55-70.
Azizah, D. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Realistik ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 57-69.
Febriyanti, C. & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31-41.
Fitriani, K. & Maulana (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52.
Fraenkle, J.R., & Wallen, N.E. (2009). How to design and evaluate research in education ( edition). New York: McGraw-Hill.
Hadi, Sutarto. 2017.Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayati, Kurnia. 2013. Pembelajran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SD/MI. Cendekia, 11(1), 163-181.
Isdiayanti, Indah. 2013. Keefektivan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Materi Sudut pada Siswa Kelas III. Skripsi.
Julie, H., Suwarsono. St., & Juniati, D. (2014). Understading Profile From Philosophy Princiles and Characteristic of RME. IndoMS. J.M.E. 5(2). 148-159.
Lestari, I., Prahmana, R.C.I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45-50.
Negara, H.S. (2014). Analisis Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar yang Menerapkan Pendekatan PMRI dan Sekolah Dasar yang Tidak Menerapkan Pendekatan PMRI di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 65-78.
Rahman, A.A. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Siswa. Genta Mulia, 8(2), 1-12.
Sembiring, R.K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classrooms through RME. ZDM Mathematics Education, 40, 927–939.
Suhartini, T. & Khuzaini, N. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Melukis Dan Membagi Sudut Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri I Seyegan. Jurnal Mercumatika, 1(2),104-112.
Wibowo, Aji. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulia, P. & Jamaliah, S. (2016). Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui PMRI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Phytagoras, 5(2), 158-164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License