HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23022Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah berhubungan dengan banyak faktor. Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar matematika kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Â
Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir logis, dan hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independen. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan uji F yaitu  atau  dengan  dan  dengan , dengan  dan ,  dan .
References
Safitri, Lisa Ariesti, Rosidin, Undang, dan Ertikanto, Chandra. 2013. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi dengan Hasil Belajar melalui Model PBL. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains: UNY.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, Utami dkk. 2012. Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA: UPI.
Susanti, Sinta. 2017. Hubungan antara Fasilitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License