HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN NUMERIK, DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018.
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23020Abstract
Hasil observasi di SMP Negeri 1 Pajangan ditemukan beberapa masalah, yaitu sebagian siswa tidak menyukai matematika dan menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan, kemampuan numerik dan kemampuan verbal dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul Tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Pajangan kabupaten bantul tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 151 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh perwakilan dari kelas A, C dan E yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk mengetahui disposisis matematis dan metode tes untuk mengetahui kemampuan verbal, numerik dan hasil belajar matematika. Uji inStrumen menggunakan uji validitas, daya beda dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data untuk hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.
           Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika, diperoleh Fhitung = 3,1955 dan Ftabel = 2,9011 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,4801 dan persamaan regresi linear ganda tiga variabel yaitu . Besar sumbangan relatif X1 = 37,35 %, (X2) = 58,694%, X3 = 3,95% dan besar sumbangan efektif X1 = 8, 6099 %, %, X2 = 13,5304%, X3 = 0,9116%.
References
Ajeng, Nadzifah Daniyati dan Sugiman. 2015. “Hubungan Antara Kemampuan verbal, Kemampuan Iterpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika†.Phytagoras. Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015.
Ali Imran, Hasyim. 2017. “Peran Sampling Dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatifâ€. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Volume 21- Nomor 1, Juni 2017.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta : depdiknas
Hendriana, Heris. 2017. Hard Skils dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.
Mandur, Kanisius dkk. 2013. “Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggaraiâ€. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. volume 2 tahun 2013.
Santrock, John W. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013 .Statistika Untuk Penelitian .Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License