HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAWAI DAN POLA INTERAKSI SOSIAL DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK PERMESINAN (TP) SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • An Nisa Anabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Siti Nur Rohmah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23019

Abstract

Aktivitas belajar matematika peserta didik yang kurang baik berhubungan dengan banyak faktor. Penggunaan gawai dan pola interaksi sosial merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan aktivitas belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan gawai dan pola interaksi sosial dengan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas X Teknik Permesinan (TP) SMK Muhammadiyah 1 Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TP SMK Muhammadiyah 1 Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 63 peserta didik. Sampelnya kelas X TP 2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk memperoleh data  penggunaan gawai dan pola interaksi sosial, serta metode observasi untuk memperoleh data aktivitas belajar matematika kepada peserta didik. Uji Instrumen penelitian dilakukan dengan uji reliabilitas. Teknik analisis data, untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji indepedensi. Sedangkan untuk uji hipotesis, menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan uji analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan gawai dan pola interaksi sosial dengan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas X TP SMK Muhammadiyah 1 Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel dengan R = 0,4848 dan R2 = 0,2351 dengan , dengan SR X1 = 64,91%, dan SR X2 = 35,09%, SE X1 = 15,26% dan SE X2 = 8,25%.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara.

Setiawan, Ebta. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan), 2012-2017 versi 2.0. https://kbbi.web.id/gawai-2 (diak- ses pada tanggal 28 Oktober 2017).

Ilham Osa, Kurniawan. 2011. Gadget, Makanan Apa Itu?. https://www.kompasiana.com/osakurniawanilham/gadgetmakananapaitu5500ed3e8133112019fa 7fb2 (diakses pada tanggal 28 Oktober 2017).

Herimanto dan Winarno. 2017. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara..

.

Sapriya, Nurdin, S. Susilawati. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles