HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAWAI DAN POLA INTERAKSI SOSIAL DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK PERMESINAN (TP) SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23019Abstract
Aktivitas belajar matematika peserta didik yang kurang baik berhubungan dengan banyak faktor. Penggunaan gawai dan pola interaksi sosial merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan aktivitas belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan gawai dan pola interaksi sosial dengan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas X Teknik Permesinan (TP) SMK Muhammadiyah 1 Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TP SMK Muhammadiyah 1 Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 63 peserta didik. Sampelnya kelas X TP 2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk memperoleh data penggunaan gawai dan pola interaksi sosial, serta metode observasi untuk memperoleh data aktivitas belajar matematika kepada peserta didik. Uji Instrumen penelitian dilakukan dengan uji reliabilitas. Teknik analisis data, untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji indepedensi. Sedangkan untuk uji hipotesis, menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan uji analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan gawai dan pola interaksi sosial dengan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas X TP SMK Muhammadiyah 1 Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel dengan R = 0,4848 dan R2 = 0,2351 dengan , dengan SR X1 = 64,91%, dan SR X2 = 35,09%, SE X1 = 15,26% dan SE X2 = 8,25%.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara.
Setiawan, Ebta. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan), 2012-2017 versi 2.0. https://kbbi.web.id/gawai-2 (diak- ses pada tanggal 28 Oktober 2017).
Ilham Osa, Kurniawan. 2011. Gadget, Makanan Apa Itu?. https://www.kompasiana.com/osakurniawanilham/gadgetmakananapaitu5500ed3e8133112019fa 7fb2 (diakses pada tanggal 28 Oktober 2017).
Herimanto dan Winarno. 2017. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara..
.
Sapriya, Nurdin, S. Susilawati. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License