PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 MATERI PECAHAN KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23017Abstract
Penyajian materi masih kurang bervariasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik minat siswa. Siswa mengalami kesulitan memahami materi bilangan bulat dan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika di SMP pada pokok bahasan pecahan.Â
           Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development yaitu Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain Produk, Validasi desain, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Uji coba produk, Revisi desain, Revisi Produk, Produk masal. Subjek penelitian pengembangan media pembelajaran ini adalah ahli media, ahli materi, siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Uji coba media tersebut dilakukan terhadap kelas kecil dan kelas besar. Kemudian, mengevaluasi hasil respon siswa dari penelitian uji coba kelas besar. Uji instrumen penelitan dilakukan dengan cara validasi oleh validator. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif, kemudian dihitung nilai rata-rata dari data tersebut dan dicocokan dengan tabel kriteria.
           Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif berdasarkan kualitas tiap aspek media pembelajaran dari segi ahli materi diperoleh skor rata-rata 61,00 dengan kategori baik, dari segi ahli media diperoleh skor rata-rata 90,67 dengan kategori baik, dan respon siswa diperoleh skor rata-rata 59,765 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif ini layak digunakan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Madcoms. 2006. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8. Bandung: Andi Publisher.
M. Cholik Adinawan, Sugijono. 2006. Matematika Untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Sukarjo. 2006. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Perpustakaan UNY.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License