PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22575Keywords:
Kemandirian Belajar, Matematika, PBLAbstract
Kemandirian belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi kemandirian belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Pada siklus I rata-rata kemandirian belajar siswa mencapai 52,00% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 72,78% dengan kriteria baik.
References
Asrori, Muhammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooeratif Meningkatkan kecerdasan Komusinkasi antar Peseta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekeretariat Negara. Jakarta.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, Ridwan Abdullah. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License