HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI SISWA DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 3 KASIHAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Taufiq Nadzir Universitas Ahmad Dahlan
  • Uswatun Khasanah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22574

Keywords:

Konsep Diri Siswa, Kemandirian Siswa, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini didasari pada rendahnya konsep diri siswa dan kurangnya kemandirian siswa SMP Negeri 3 Kasihan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID yang keseluruhan berjumlah 118 siswa. Diperoleh kelas VIIB sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data konsep diri siswa dan kemandirian siswa, serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP 3 Kasihan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. 

References

Calhoun, J.F. & Acocella, J.R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang.

Haris Mudjiman. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles