HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22573Keywords:
Minat Belajar, Pergaulan Teman Sebaya, Hasil Belajar Matematika.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar siswa, kurang mendukungnya pergaulan teman sebaya dalam belajar matematika, dan rendahnya hasil belajar metematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas XI TITL A, XI TITL B dan XI TITL C yang keseluruhan berjumlah 95 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas XI TITL C sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan pergaulan teman sebaya serta metode tes untuk memperoleh hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018.
References
Ari, Ernawati. (2013). Hubungan Minat Belajar dan Pergaulan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharti, dkk. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terdapat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis: Vol. 3 No. 1 Maret 2015.
Susanti, Wira. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar, Fasilitas Belajar di Rumah, dan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah VII Yogyakarta Tahun Ajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License