EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22572Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah disebabkan oleh pemahaman konsep matematika yang masih rendah selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan kabupaten Bantul semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan true experimental design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling terhadap kelas. Diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan pada kelas kontrol dilaksanakan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian menggunakan butir soal tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Uji instrumen menggunakan uji validitas, daya pembeda, dan uji reliabilitas. Dan teknik analisis data terdiri dari (1) Uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. (2) Uji hipotesis: uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 62 diperoleh thitung = 2,86987 > ttabel = 1,99962, maka H_0 ditolak, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan model pembelajaran langsung. Dari uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 62 diperoleh thitung = 2,86987 > ttabel = 1,67017 maka H_0 ditolak, menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa.References
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License