EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Nur Fitriani Universitas Ahmad Dahlan
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22572

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah disebabkan oleh pemahaman konsep matematika yang masih rendah selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan kabupaten Bantul semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan true experimental design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling terhadap kelas. Diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan pada kelas kontrol dilaksanakan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian menggunakan butir soal tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Uji instrumen menggunakan uji validitas, daya pembeda, dan uji reliabilitas. Dan teknik analisis data terdiri dari (1) Uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. (2) Uji hipotesis: uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 62 diperoleh thitung = 2,86987 > ttabel = 1,99962, maka H_0 ditolak, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan model pembelajaran langsung. Dari uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 62 diperoleh thitung = 2,86987 > ttabel = 1,67017 maka H_0 ditolak, menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles