HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TKR SMK SUKAWATI SRAGEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22571Keywords:
Minat Belajar, Teman Sebaya, perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika.Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Hubungan antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sagen semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas X TKR 1, X TKR 2, X TKR 3 yang keseluruhan berjumlah 73 siswa. Kelas X TKR 1 terpilih sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar, teman sebaya dan perhatian orang tua, serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.
References
Chaplin. (2012). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: RajaGrafindo.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
_________. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rimawati. (2012). Prosiding Seminar 1 Buku 2. Yogyakarta: JPMIPA FKIP UAD Press.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
UU RI No 20 tahun 2003. Tersedia pada: https://mcdens13.wordpress.com/2013/05/04/undang-undang-ri-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License