PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22533Keywords:
Gaya Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika, Gaya Belajar VAKAbstract
Kemampuan komunikasi matematika sangatlah penting. Namun komunikasi matematika setiap siswa dalam proses belajar mengajar tidaklah sama. Hal ini wajar terjadi karena setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda, salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar VAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keampuan komunikasi matematika siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas XI MIPA 2 yaitu siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penentuan subjek penelitian menggunakan angket gaya belajar. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan metode tes kemampuan komunikasi matematika dan wawancara untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematika subjek. Untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komuikasi matematika yang dimiliki subjek bergaya belajar Kinestetik cederung lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi metamatika subjek bergaya belajar Visual dan Auditori yaitu dengan presentase subjek bergaya belajar Kinestetik 92,31% sedangkan subjek bergaya belajar Visual dan Auditori 89,74%. Subjek bergaya belajar kinestetik membuat situasi matematika dan menyusun penjelasan jawaban suatu masalah dengan tepat. Sedangkan subjek bergaya belajar visual dan auditori membuat situasi dan menjelasakan jawaban suatu masalah kurang tepat. Tetapi dalam menyatakan hasil atau kesimpulan atas jawaban suatu pemasalahan ketiga subjek menuliskannya dengan tepat.
References
Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategi. Jakarta : Gramedia.
Pawesti, Brigitta Anggit (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Setyawan, Fariz. (2017). Profil Representasi Siswa SMP Terhadap Materi PLSV DItinjau Dari Gaya Belajar Kolb. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika Diakses pada 27 Desember 2017 pukul 04.58.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B). Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License